Sabtu, 30 November 2013

All About Purwokerto - Lokasi Wisata Banyumas


Kabupaten Banyumas selain dikenal dengan “Ngapak dan Mendoan”nya juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata. Jumlah objek wisata di Banyumas cukup banyak dan beragam dari wisata alam maupun wisata pendidikannya, dan pada umumnya mudah dijangkau karena di dukung sarana dan prasarana yang memadai. Dan masih banyak lagi obyek wisata yang belum tergarap secara optimal dan membutuhkan investasi untuk pengembangannya.

Wisata Alam

BATURADEN
Baturaden merupakan lokasi wisata yang sangat terkenal di Kota Purwokerto ini.  Lokawisata ini terbentang di sebelah selatan kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 mdpl. Baturaden terletak di 14 km Kota Purwokerto yang dihubungkan dengan jalan yang memadai. Di tempat wisata ini kita bisa menikmati pemandangan indah dan merasakan sejuknya udara pegunungan dengan suhu 18ᵒC - 25ᵒC. Jika cuacanya bagus, Kota Purwokerto dapat terlihat dari Baturaden. Terdapat pula pancuran telu sebagai objek wisata air panas. Dan Curug Gumawang yang berada di lokawisata Baturaden menambah indahnya pemandangan Baturaden.

Selain wisata Baturaden itu sendiri, terdapat objek wisata telaga sunyi yang terletak 3,5 km di sebelah timur Baturaden. Telaga ini begitu indah dengan airnya yang dingin dan sangat jernih. Pada musim-musim tertentu dijumpai aneka kupu-kupu dan capung. Dan adapun objek wisata air panas yang mengandung belerang sangat diminati wisatawan, yaitu Pancuran pitu yang terlatak 2,5 km dari Lokawisata Baturaden. Pancuran 7 ini mengeluarkan air panas yang dapat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit kulit dan tulang. Tempat wisata juga ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat indah. Dalam objek wisata pancuran pitu terdapat juga objek wisata gua Selirang yang tak kalah menariknya dengan air yang segar mengalir diatasnya. Ada juga Paseban Batur Sengkala yang berada di dekat lokasi parkir Pancuran Tujuh, tampaknya merupakan situs peninggalan dari jaman budaya megalitikum.

CURUG – CURUG
    Ada lagi nih wisata curug di Banyumas. Sebenarnya Banyumas itu punya banyak sekali curug dengan pesona yang khas ditiap Curugnya. Dikelilingi dengan pemandangan alam dan hutan yang indah.
Curug Bayan Kalipagu terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, di Kali Banjaran, beberapa puluh langkah ke arah hulu dari Dam Jepang.
Curug Belot di Desa Rempoah, Baturaden, dengan air deras, namun belum banyak disentuh dan masih alami.
Curug Ceheng di Desa Gandatapa, Kecamatan Sumbang, yang menampilkan keindahan air terjun yang dihiasi satwa lawa (sejenis kalong) yang beterbangan di sekitarya.


Curug Cipendok di Desa Karangtengah, Kec Cilongok, dengan ketinggian 92 m, hawanya sejuk, lokasinya cukup mudah dicapai, bisa menikmati mendoan dan susu murni saat menuju curug.
Curug Gede di desa wisata Ketenger, 3 km dari lokasi wisata Baturraden. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati air terjun dengan keindahan alam dan aneka lempeng batu.
Curug Gomblang di Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, sekitar 3 km dari Baturraden, dengan ketinggian air terjuan mencapai 25 meter, medan tempuhnya cukup berat dengan berjalan kaki.
Curug Gumawang Kemawi di Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, terdiri dari sekitar 7 tingkatan, paling besar yang nomor 2 dari bawah, sekitar 800 m dari jalan aspal namun aksesnya cukup sulit.
Curug Pengantin Kalipagu di Igir Rambat, 4 km dari Dusun Kalipagu, ditempuh melalui Batur Semendeh dan hutan lindung, dengan ketinggian curug 50 m.
Curug Pengantin di tengah hutan Dusun Parduli, Desa Kracak, Ajibarang, tinggi air terjun 2 m, namun dipercaya bahwa mandi di sini menolak bala dan mempercepat jodoh.
Curug Song di Desa Kalisalak, Kebasen, dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter, dengan akses masih cukup sulit, ada sarang burung walet.
Wisata Pendidikan
Mau tau lebih banyak tentang sejarah? Kota kita punya tempat yang pas buat kamu. Yok kita liat...
Museum BRI
Museum BRI merupakan satu-satunya museum perbankan di Indonesia yang berada di Purwokerto. Lokasinya di Jl. Jenderal Soedirman, Purwokerto. t. Bank Rakyat Indonesia untuk pertama kalinya didirikan oleh : Raden Aria Wirjatatmadja tahun 1895 dengan nama : De Purwokertche Hulp en Spaarbank der Inlandche Bestuurs Ambtenaren. BRI berisi perjalanan perbankan mulai berdiri sampai sekarang serta koleksi uang kuno mulai jaman Majapahi

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman
Nah ini nih tempat wisata pendidikan lainnya dimana kita bisa lebih mengenal Pangsar Jenderal Soedirman. Lokasinya di sisi Timur Kali Logawa, di pintu masuk Barat Kota Purwokerto, terdiri dari dua lantai, dengan Patung Jenderal Sudirman seberat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter, foto-foto perjuangan dan relief sejarah bangsa Indonesia.




1 komentar:

  1. Mohon diRALAT :
    CURUG GOMBLANG masuk wilayah hutan pangkuan LMDH WANA LESTARI desa Baseh (grumbul Buaran) Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tepatnya petak 52e LMDH Wana Lestari KRPH Karanggandul, BKPH Gunung Slamet Barat, KPH Banyumas Timur.

    BalasHapus